jelaskan jalur masuknya udara kedalam tubuh burung

Jalur sistem pernapasan pada burung merupakan sistem organ yang terdiri atas organ-organ pernapasan berupa lubang hidung, trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang batang tenggorok), pundi-pundi udara, dan paru-paru.

Pembahasan

Berbeda dengan mamalia pada umumnya, sistem pernapasan burung terdiri dari dua bagian:

1. Ketika sedang istirahat, tulang rusuk burung cenderung bergerak ke depan, sehingga rongga dada membesar dan paru-paru mengembang. Udara dihirup masuk melalui lubang hidung, menuju trakea dan bronkus, berlanjut ke paru-paru, lalu mengalir ke pundi-pundi udara bagian belakang. Selanjutnya, oksigen didapatkan dari udara yang berada di dalam pundi-pundi udara tersebut.

Udara di dalam pundi-pundi atau kantung udara belakang dialirkan kembali ke paru-paru dengan menekan pundi-pundi tersebut, inilah proses ekspirasi pada pernapasan burung. Bedanya dengan manusia, udara yang mengalir ke paru-paru dari pundi-pundi udara juga diserap oksigennya. Sehingga burung menyerap oksigen dua kali, yakni ketika inspirasi dan ekspirasi.

Baca juga  Berdasarkan fungsinya, otot dibagi menjadi 3 yaitu otot jantung, otot polos, dan otot lurik?

2. Pada waktu terbang, inspirasi dan ekspirasi dilakukan oleh kantung-kantung udara sesuai kepakan sayap. Saat sayap diangkat ke atas kantung udara ketiak akan mengembang dan kantung udara tulang korakoid terjepit, ketika ini oksigen masuk ke paru-paru. Saat sayap diturunkan, ganti kantung udara ketiak yang menyempit dan pundi-pundi udara korakoid mengembang, oksigen pun akan keluar. Semakin tinggi seekor burung terbang, kepakan sayapnya akan semakin cepat agar mendapatkan oksigen sebanyak mungkin sehingga pernapasannya tidak bermasalah ketika terbang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top