apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia
apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia

apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia

apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia

Jawaban

Faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia adalah mencari rempah-rempah dan menguasai wilayah perdagangan khususnya di bidang rempah-rempah. Selain itu, jatuhnya konstatinopel dan adanya untuk melancarkan misi 3G (gold, glory, dan gospel) juga manjadi faktor penting datangnya bangsa Eropa ke Asia.

Penjelasan Ringkas

Bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Indonesia adalah bangsa Portugis. Perdagangan portugis dan sejarah mengarungi samudra dan benua sudah terjadi bertahun-tahun lamanya. Hubungan perdagangan antara Portugis dengan berbagai daerah di penjuru dunia memberikan peluang terhadapnya untuk memperoleh berbagai kebutuhan yang mencukupi negaranya. Portugis mencari negara-negara pemasok kebutuhan dengan harga yang tergolong murah dan dijual dengan harga yang sangat mahal di negara asalnya. Beberapa alasan lain Portugis membeli berbagai kebutuhan di negara lain adalah sebagai berikut.

  • Negara Portugis tidak mempunyai hasil pertanian yang memadai.
  • Portugis bergantung pada laut sehingga perikanan merupakan bahan dari perdagangan utama.
  • Adanya pengembangan teknologi maritim pada abad ke-15 seperti dikenalnya kompas dan cara membaca peta portolan.

Dengan pembelian yang harus dilakukan oleh Portugis, maka pengarungan samudra dilakukan guna mendapatkan dan memenuhi kebutuhan yang belum tercukupi di negaranya.

Selain itu, bangsa Eropa datang ke Asia, khususnya Indonesia, dengan berbagai faktor yang mengikutinya. Beberapa faktor yang mendorong datangnya bangsa Eropa untuk datang adalah sebagai berikut.

  • Jatuhnya Konstatinopel di genggaman Turki Ottoman. Hal ini penting karena wilayah tersebut berperan sebagai penghubung antara benua Asia dan benua Eropa.
  • Adanya keinginan untuk memperoleh rempah-rempah yang lebih murah sehingga dapat memberikan untung yang lebih banyak bagi pedagang rempah-rempah saat dijual di negara asalnya.
  • Keinginan untuk mendominasi perdagangan rempah-rempah setelah melihat Sumber Daya Alam Indonesia yang berlimpah.
  • Adanya keinginan untuk menyebarkan misi 3G. Misi yang dimaksud disini yaitu Gold, Glory, dan Gospel. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan Gold adalah keinginan untuk memperkaya diri ataupun negara dari wilayah yang didudukinya. Glory merupakan upaya untuk mendapatkan kejayaan melalui banyaknya wilayah-wilayah jajahan yang dikuasai. Selain itu, Gospel adalah sebuah misi untuk menyebarkan agama, dalam hal ini agama yang disebarkan adalah agama Kristen Katolik.