ciri-ciri tari daerah sumatera pada umumnya lebih menekankan pada gerakan

ciri-ciri tari daerah sumatera pada umumnya lebih menekankan pada gerakan

jawaban

Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Barat
Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Barat adalah gerak yang diperagakan sangat maknawi, sederhana tetapi mendalam, sarat dengan gerakan tangan dengan jari-jari yang membuka, patah-patah menyiku Nampak berat tetapi kuat, badan turun naik atau ke kanan dan ke kiri, dan memutar. Tarian banyak yang diperankan secara berpasangan dan kelompok. Contoh:tari indang sarasa.

Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Utara
Tari daerah Sumatera Utara kaya akan jenis tari pergaulan yang ditarikan secara berpasangan, lincah, ringan , dinamis dan sangat energik. Tangannya melenggang, kakinya Nampak meloncat-loncat seperti tari serampang dua belas. Sedangkan Tari Tor-Tor Pandungo-Dungoi, gerak jari-jari tangnnya merapat turun naik, memutar, sedikit merunduk, dan Nampak lebih lincah.

Baca juga  Saat tersiarnya berita tentang proglamasi kemerdekaan, banyak rakyat indonesia yang tinggal jauh dari jakarta tidak mempercayainya, yang menjadi penyebab rakyat indonesia tidak mempercayainya karena?

Ciri-ciri tari daerah dari Sumatera Selatan
Cirri gerak tari daerah ini dipengaruhi ragam tari klasik atau istana dari kerajaan Sriwijaya. Gerakannya lindah mengalir, jari-jarinya lentik membawa cawan berisi lilin,, badannya merndah, langkahnya melenggang membawa lilin (Tari Genta Siwa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top